A. SMA
1) Struktur Kurikulum Kelas X
Struktur Kurikulum Fase E atau Kelas X dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Program Sekolah
Penggerak
| Struktur Kurikulum | Struktur kurikulum dibagi menjadi 2 kegiatan pembelajaran utama, yaitu : a. Pembelajaran reguler atau rutin yang merupakan kegiatan intrakurikuler; dan b. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila |
| Jam Pelajaran (JP) |
Jam Pelajaran (JP) diatur per tahun. Satuan pendidikan dapat mengatur alokasi waktu pembelajaran secara fleksibel untuk mencapai JP yang ditetapkan |
| Pendekatan Pembelajaran | Satuan pendidikan dapat menggunakan pendekatan pengorganisasian pembelajaran berbasis mata pelajaran, tematik, atau terintegrasi. |
| Perubahan Terkait Mata Pelajaran |
a). Mata pelajaran IPA dan IPS di Kelas 10 SMA belum dipisahkan menjadi mata pelajaran
yang lebih spesifik. b). Satuan pendidikan memilih mata pelajaran Seni dan Prakarya, yaitu Seni Musik, Seni Rupa, Seni Teater, Seni Tari, dan Prakarya. c). Di kelas 10, murid mempelajari mata pelajaran umum (belum ada mata pelajaran pilihan). Murid memilih mata pelajaran sesuai minat di kelas 11 dan 12, sesuai kelompok mata pelajaran yang tersedia. |
Beberapa Proyek Proyek Profil Pancasila yang direncanakan di SMA SATU PADU Boarding School tahun pelajaran 2023/2024 yaitu :
| No. | Tema | Bentuk Kegiatan | Sasaran Nilai PPP | Mapel Terintegrasi | Waktu |
|---|---|---|---|---|---|
| 1. | Bangunlah jiwa dan raganya | Perundungan | Mandiri, kreatif, gotong- royong, beriman dan bertaqwa | Agama, PPKN, Sosiologi, PJOK,Etika dan Moral , dan SBK | 382 JP (dapat diurai perprojek) |
| 2 | Kearifan Lokal | Pentas Seni | Mandiri, kreatif, gotong- royong, beriman dan bertaqwa | Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, SBK, Sejarah, PPKN, Ekonomi, PJOK | |
| Situs Sejarah | Mandiri, kreatif, gotong- royong, beriman dan bertaqwa | Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, SBK, Sejarah, PPKN, Ekonomi, PJOK | |||
| 3. | Kewirausahaan | Minyak Kelapa | Mandiri, kreatif, gotong- royong, beriman dan bertaqwa | Ekonomi, Bahasa Indonesia, Prakarya, Kimia, Sosiologi, Matematika |
2) Struktur Kurikulum Kelas XI dan Kelas XII
| Mata Pelajaran | Alokasi Waktu | ||
|---|---|---|---|
| A. Kelompok Umum (Wajib) | Kelas XI | Kelas XII | |
| 1. | Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti | 3 | 3 |
| 2. | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan | 2 | 2 |
| 3. | Bahasa Indonesia | 4 | 4 |
| 4. | Matematika | 4 | 4 |
| 5. | Sejarah Indonesia | 2 | 2 |
| 6. | Bahasa Inggris | 2 | 2 |
| B. Kelompok Umum (Wajib) | 3 | ||
| 7. | Seni Budaya | 2 | 3 |
| 8. | Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan | 3 | 3 |
| 9. | Prakarya / Informatika | 2 | 2 |
| C. Peminatan | |||
| 10. | Matematika | 4 | |
| 11. | Biologi | 4 | |
| 12. | Fisika | 4 | |
| 13. | Kimia | 4 | |
| Jumlah Alokasi Waktu Per Minggu | 40 | 40 | |
B. SMP
a. Alokasi waktu kelas VII dan Kelas VIII dengan asumsi Jumlah Minggu Efektif 36
Minggu/Tahun
| No. | MATA PELAJARAN | Kegiatan regular (Intrakurikuler) per tahun (Minggu) | Proyek pelajar pancasila (kookurikuler)Pertahun | Total per tahun |
|---|---|---|---|---|
| 1. | Pendidikan Agama dan Budi Pekerti | 72 (2) | 36 | 108 |
| 2. | PPKn | 72 (2) | 36 | 108 |
| 3. | Bahasa Indonesia | 170 (5) | 46 | 216 |
| 4. | Matematika | 144 (4) | 36 | 180 |
| 5. | IPA | 144 (4) | 36 | 180 |
| 6. | IPS | 108 (3) | 36 | 144 |
| 7. | Bahasa Inggris | 108 (3) | 36 | 144 |
| 8. | PJOK | 72 (2) | 36 | 108 |
| 9. | Informatika | 72 (2) | 36 | 108 |
| 10. | Pilihan : | |||
| a. Seni Musik | 36 (1) | 18 | 108 | |
| b. Prakarya | 36 (1) | 18 | 108 | |
| 11. | Etika dan Moral (Muatan Lokal) | 72 (2) | 36 | 108 |
| Jumlah | 1080 | 396 | 1476 | |
b. Kegiatan Proyek Profil Pelajar Pancasila
Prinsip poyek profil pelajar Pancasila :
1) Jam pelaksanaan Projek dilaksankan diluar kegiatan intrakurikuler dan ditentukan oleh satuan
pendidikan.
2) Kegiatan proyek merupakan lintas mata pelajaran.
3) Pelaskanaan tugas secara berkelompok dan berkolaborasi.
4) Proyek yang dilakukan sesuai denga tema yang telah ditentukan.
5) Rencana proyek dilakukan pada pertengahan semester ganjil, sekitar bulan Oktober.
Beberapa proyek yang direncanakan di SMP SATU PADU Boarding School tahun pelajaran 2023/2024 yaitu:
| Kelas | Tema dan Kegiatan Projek Profil Pelajar Pancasila | Kolaborasi Mata Pelajaran | Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila | Alokasi Waktu Pertahun |
|---|---|---|---|---|
| VII | 1. Perubahan iklim global Kegiatan: Penghijauan lingkungan Sekolah dan Daur ulang sampah |
1. IPA 2. IPS 3. Pend. Agama 4. SBK 5. Prakarya 6. PJOK 7. Bahasa Indonesia 8. Bahasa Inggris 9. Bahasa Sunda 10. TIK 11. Matematika 12. PPKn |
Beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia; bernalar kritis; kreatif; dan berkebinekaan global | 382 JP (dapat diurai per projek) |
|
2. Kewirausahaan Kegiatan: Pameran, bazaar, pentas seni |
1. IPA 2. IPS 3. Pend. Agama 4. SBK 5. Prakarya 6. Matematika 7. Bahasa Indonesia 8. Bahasa Inggris 9. Bahasa Sunda 10. TIK |
Beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia; bernalar kritis; kreatif; dan bergotong-royong | ||
|
3. Suara Demokrasi Kegiatan: Melaksanakan pesta demokrasi |
1. PKN 2. IPS 3. Matematika 4. Bahasa Indonesia 5. Bahasa Inggris 6. Bahasa Sunda 7. TIK |
Beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia; bernalar kritis; kreatif; dan bergotong-royong; berkebinekaan global |
Satu Padu Boarding school Tigajuhar adalah sekolah yang luar biasa,berbeda dengan sekolah yang sekolah yang lain, baik di sekolah maupun di dalam asrama. Sekolah satu padu Boarding School memiliki visi yang dapat membentuk pribadi menjadi beriman, selalu mengandalkan Tuhan, memiliki daya juang, pantang menyerah, berbudi luhur dan memiliki cinta kasih kepada sesama. Di Satu Padu saya di bina dan di didik dengan baik sebagai keluarga oleh para guru-guru luar biasa, dan menarik nya di sini kami di ajarkan untuk menganggap semua adalah saudara, sehingga saya merasa memiliki saudara sepenanggungan dengan satu angkatan, kakak kelas, maupun adik kelas. Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Tuhan yang telah memilih dan menempatkan saya bersekolah di Satu Padu Boarding school, sehingga saya dapat di didik, dibina dengan baik, dan memiliki banyak saudara. Juga kepada Bapa pastor , Bapak/Ibu guru berusaha sebaik-baiknya dalam membantu saya untuk membuat pondasi masa depan dengan batu karang untuk diri saya.
Yurizka Br Karo SekaliSiswa Angkatan VI - Lulusan 2025
Satu Padu itu bukan sekedar tempat belajar, tapi tempat tumbuh. Banyak hal yang belum tentu kita dapatkan dari suasana pendidikan di luar. Satu Padu tak hanya pendidikan akademik saja, melainkan juga membentuk karakter untuk bisa menjadi anak yang mandiri, hidup bersama, dan dapat merasakan empati terhadap sesama. Banyak kenangan dari yang lucu, sedih, sampai yang bikin kangen banget. Banyak hal yang nantinya kita dapatkan dalam menjalankan pendidikan lingkungan Satu Padu Boarding School. Di sini kita memang dibentuk untuk membawa bekal dalam menghadapi masa depan kita kelak.
Egi MelialaSiswa Angkatan VI - Lulusan 2025
Satu Padu merupakan sekolah berasrama, sekolah Satu Padu ini bagus dan baik untuk tempat pembinaan karakter serta pendidikan akademik anak remaja sekarang.Di Satu Padu anak akan di didik, dibina,sehingga dapat mandiri, disiplin serta teratur dan bijak dalam mengatur waktu di kehidupan sehari hari.Di Satu Padu juga diajar Kan bahwa sebagai manusia,kita selalu mengutamakan Tuhan,sehingga di satu padu sebelum memulai kegiatan.
Raul Gonjales BarusSiswa Angkatan IV - Lulusan 2023
SMP-SMA Satu Padu Boarding School Tiga Juhar adalah sekolah yang memiliki suatu hal yang membedakannya dengan sekolah lainnya, sekolah ini memiliki visi serta misi yang bertujuan untuk membentuk peserta didik yang beriman, berkarakter, memiliki semangat juang, dan berbudi luhur. Selama saya bersekolah disini, saya dibina dan dididik dengan baik oleh para guru yang unik dengan kehebatan mereka masing-masing, ditempat ini semuanya saling terhubung karena berada di satu lingkungan yang sama, jika terjadi suatu musibah maka semuanya akan merasakannya begitu juga jika suatu hal yang baik terjadi, saya sebagai alumni sekolah ini merasa bersyukur dan berterima kasih karena telah dididik dengan baik di sekolah ini.
Andes Potipera SitepuAngkatan III - Lulusan 2022
Satu padu boarding school tiga Juhar, merupakan sekolah berasrama yang memiliki afiliasi dengan gereja Katholik dan menawarkan lingkungan belajar dan asrama yang diatur dengan baik. Sekolah ini memiliki kegiatan moral yang baik sebagai integral dari pembelajaran dan pengembangan siswa. Selama saya menempuh pendidikan di satu padu boarding school saya merasakan banyak perubahan yang terjadi pada saya karena selama saya di didik di satu padu saya diajarkan bukan hanya tentang materi namun juga tentang mengubah karakter, sifat , atau kepribadian buruk saya sebelumnya, dan selalu berjalan bersama Tuhan di setiap perjalanan hidup saya.
Lukas Ferdinand SimamoraAngkatan III - Lulusan 2022
SMP-SMA Satu Padu Boarding School Tiga Juhar yaitu sekolah Ber-asrama dimana memiliki keunikan khusus dari segi visi dan misi yang tujuannya ialah mendidik dan membentuk karakter siswa yang beriman, berbudi luhur, terampil, dan memiliki daya juang. Saya sebagai alumni merasa Sekolah SMP-SMA Satu Padu Boarding School membantu diri saya terutama dalam hal religius yang mengutamankan Tuhan dalam setiap kegiatan dan keterampilan dalam bidang akademik dan daya juang serta semangat untuk menimba pengetahuan.
Sesilia BarusAngkatan III - Lulusan 2022
Sekolah berasrama yang memiliki ciri khusus yaitu penerapan kegiatan terpadu antara sistem pendidikan formal di sekolah & sistem pendidikan informal di asrama (boarding). Tujuannya mendidik & membentuk karakter siswa yang beriman, berbudi luhur, unggul, terampil & memiliki daya juang. Ketika saya menempuh pendidikan di Satu Padu Boarding School, saya merasakan perubahan signifikan karena saya dibina untuk berkarakter, mangandalkan Tuhan di setiap kegiatan.
Marchelino Yudea GintingAngkatan II - Lulusan 2021
Satu Padu merupakan sekolah yang membantu saya untuk mencapai karir saya yang sekarang.Saya dulu merupakan orang yg malas bahkan dulu ranking terakhir hal ini bukan karena saya tidak pandai melainkan karna saya malas. Malas untuk berlatih, malas untuk belajar. Hal ini berubah ketika saya d satu padu dengan mengigat perkataan Pak Natalius(Kepala SMP Satu Padu Boarding School) “Jika orang sekali berlatih sudah bisa sedangkan kita harus 10 kali berlatih baru bisa maka itulah kita”,
Ananda Putra BrahmanaAngkatan I - Lulusan 2020