Sesuai dengan Visi dan Misi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang tertuang dalam dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024:
Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, dengan enam ciri utama: beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.
Keenam ciri tersebut ialah sebagai berikut:
1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia
Pelajar Indonesia yang beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia adalah pelajar
yang berakhlak dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa. Ia memahami ajaran agama dan
kepercayaannya serta menerapkan pemahaman tersebut dalam kehidupannya sehari-hari. Ada lima
elemen kunci beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia: (a) akhlak beragama; (b)
akhlak pribadi; (c) akhlak kepada manusia; (d) akhlak kepada alam; dan (e) akhlak bernegara.
2. Berkebinekaan global
Pelajar Indonesia mempertahankan budaya luhur, lokalitas dan identitasnya, dan tetap berpikiran
terbuka dalam berinteraksi dengan budaya lain, sehingga menumbuhkan rasa saling menghargai dan
kemungkinan terbentuknya dengan budaya luhur yang positif dan tidak bertentangan dengan budaya
luhur bangsa. Elemen dan kunci kebinekaan global meliputi mengenal dan menghargai budaya,
kemampuan komunikasi interkultural dalam berinteraksi dengan sesama, dan refleksi dan tanggung
jawab terhadap pengalaman kebinekaan.
3. Bergotong royong
Pelajar Indonesia memiliki kemampuan bergotong-royong, yaitu kemampuan untuk melakukan kegiatan
secara bersama-sama dengan suka rela agar kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan lancar, mudah
dan ringan. Elemen-elemen dari bergotong royong adalah kolaborasi, kepedulian, dan berbagi.
4. Mandiri
Pelajar Indonesia merupakan pelajar mandiri, yaitu pelajar yang bertanggung jawab atas proses
dan hasil belajarnya. Elemen kunci dari mandiri terdiri dari kesadaran akan diri dan situasi
yang dihadapi serta regulasi diri.
5. Bernalar Kritis
Pelajar yang bernalar kritis mampu secara objektif memproses informasi baik kualitatif maupun
kuantitatif, membangun keterkaitan antara berbagai informasi, menganalisis informasi,
mengevaluasi dan menyimpulkannya. Elemen-elemen dari bernalar kritis adalah memperoleh dan
memproses informasi dan gagasan, menganalisis dan mengevaluasi penalaran, merefleksi pemikiran
dan proses berpikir, dan mengambil Keputusan.
6. Kreatif
Pelajar yang kreatif mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna,
bermanfaat, dan berdampak. Elemen kunci dari kreatif terdiri dari menghasilkan gagasan yang
orisinal serta menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal.
Satu Padu Boarding school Tigajuhar adalah sekolah yang luar biasa,berbeda dengan sekolah yang sekolah yang lain, baik di sekolah maupun di dalam asrama. Sekolah satu padu Boarding School memiliki visi yang dapat membentuk pribadi menjadi beriman, selalu mengandalkan Tuhan, memiliki daya juang, pantang menyerah, berbudi luhur dan memiliki cinta kasih kepada sesama. Di Satu Padu saya di bina dan di didik dengan baik sebagai keluarga oleh para guru-guru luar biasa, dan menarik nya di sini kami di ajarkan untuk menganggap semua adalah saudara, sehingga saya merasa memiliki saudara sepenanggungan dengan satu angkatan, kakak kelas, maupun adik kelas. Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Tuhan yang telah memilih dan menempatkan saya bersekolah di Satu Padu Boarding school, sehingga saya dapat di didik, dibina dengan baik, dan memiliki banyak saudara. Juga kepada Bapa pastor , Bapak/Ibu guru berusaha sebaik-baiknya dalam membantu saya untuk membuat pondasi masa depan dengan batu karang untuk diri saya.
Yurizka Br Karo SekaliSiswa Angkatan VI - Lulusan 2025
Satu Padu itu bukan sekedar tempat belajar, tapi tempat tumbuh. Banyak hal yang belum tentu kita dapatkan dari suasana pendidikan di luar. Satu Padu tak hanya pendidikan akademik saja, melainkan juga membentuk karakter untuk bisa menjadi anak yang mandiri, hidup bersama, dan dapat merasakan empati terhadap sesama. Banyak kenangan dari yang lucu, sedih, sampai yang bikin kangen banget. Banyak hal yang nantinya kita dapatkan dalam menjalankan pendidikan lingkungan Satu Padu Boarding School. Di sini kita memang dibentuk untuk membawa bekal dalam menghadapi masa depan kita kelak.
Egi MelialaSiswa Angkatan VI - Lulusan 2025
Satu Padu merupakan sekolah berasrama, sekolah Satu Padu ini bagus dan baik untuk tempat pembinaan karakter serta pendidikan akademik anak remaja sekarang.Di Satu Padu anak akan di didik, dibina,sehingga dapat mandiri, disiplin serta teratur dan bijak dalam mengatur waktu di kehidupan sehari hari.Di Satu Padu juga diajar Kan bahwa sebagai manusia,kita selalu mengutamakan Tuhan,sehingga di satu padu sebelum memulai kegiatan.
Raul Gonjales BarusSiswa Angkatan IV - Lulusan 2023
SMP-SMA Satu Padu Boarding School Tiga Juhar adalah sekolah yang memiliki suatu hal yang membedakannya dengan sekolah lainnya, sekolah ini memiliki visi serta misi yang bertujuan untuk membentuk peserta didik yang beriman, berkarakter, memiliki semangat juang, dan berbudi luhur. Selama saya bersekolah disini, saya dibina dan dididik dengan baik oleh para guru yang unik dengan kehebatan mereka masing-masing, ditempat ini semuanya saling terhubung karena berada di satu lingkungan yang sama, jika terjadi suatu musibah maka semuanya akan merasakannya begitu juga jika suatu hal yang baik terjadi, saya sebagai alumni sekolah ini merasa bersyukur dan berterima kasih karena telah dididik dengan baik di sekolah ini.
Andes Potipera SitepuAngkatan III - Lulusan 2022
Satu padu boarding school tiga Juhar, merupakan sekolah berasrama yang memiliki afiliasi dengan gereja Katholik dan menawarkan lingkungan belajar dan asrama yang diatur dengan baik. Sekolah ini memiliki kegiatan moral yang baik sebagai integral dari pembelajaran dan pengembangan siswa. Selama saya menempuh pendidikan di satu padu boarding school saya merasakan banyak perubahan yang terjadi pada saya karena selama saya di didik di satu padu saya diajarkan bukan hanya tentang materi namun juga tentang mengubah karakter, sifat , atau kepribadian buruk saya sebelumnya, dan selalu berjalan bersama Tuhan di setiap perjalanan hidup saya.
Lukas Ferdinand SimamoraAngkatan III - Lulusan 2022
SMP-SMA Satu Padu Boarding School Tiga Juhar yaitu sekolah Ber-asrama dimana memiliki keunikan khusus dari segi visi dan misi yang tujuannya ialah mendidik dan membentuk karakter siswa yang beriman, berbudi luhur, terampil, dan memiliki daya juang. Saya sebagai alumni merasa Sekolah SMP-SMA Satu Padu Boarding School membantu diri saya terutama dalam hal religius yang mengutamankan Tuhan dalam setiap kegiatan dan keterampilan dalam bidang akademik dan daya juang serta semangat untuk menimba pengetahuan.
Sesilia BarusAngkatan III - Lulusan 2022
Sekolah berasrama yang memiliki ciri khusus yaitu penerapan kegiatan terpadu antara sistem pendidikan formal di sekolah & sistem pendidikan informal di asrama (boarding). Tujuannya mendidik & membentuk karakter siswa yang beriman, berbudi luhur, unggul, terampil & memiliki daya juang. Ketika saya menempuh pendidikan di Satu Padu Boarding School, saya merasakan perubahan signifikan karena saya dibina untuk berkarakter, mangandalkan Tuhan di setiap kegiatan.
Marchelino Yudea GintingAngkatan II - Lulusan 2021
Satu Padu merupakan sekolah yang membantu saya untuk mencapai karir saya yang sekarang.Saya dulu merupakan orang yg malas bahkan dulu ranking terakhir hal ini bukan karena saya tidak pandai melainkan karna saya malas. Malas untuk berlatih, malas untuk belajar. Hal ini berubah ketika saya d satu padu dengan mengigat perkataan Pak Natalius(Kepala SMP Satu Padu Boarding School) “Jika orang sekali berlatih sudah bisa sedangkan kita harus 10 kali berlatih baru bisa maka itulah kita”,
Ananda Putra BrahmanaAngkatan I - Lulusan 2020